Benteng Vredeburg, Bangunan Belanda yang Fotogenik

Benteng Vredeburg merupakan salah satu spot atau lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh mahasiswa baru di Jogja. Tak hanya oleh mahasiswa baru saja, namun juga oleh para wisatawan yang datang ke Jogja. Bangunan ini sangat bersejarah sekali dan tidak bisa lepas dari kota Jogja. Bangunan benteng vredeburg ini masih berbentuk bangunan Belanda sekali. Dulunya benteng ini adalah kantor administrasi pemerintahan Belanda. Mulai dari pintu, jendela dan bentuk bangunannya semua masih bergaya dan bercorak Belanda.

Mengunjungi benteng ini adalah alternatif wisata yang sangat pas dan cocok untuk mengisi akhir pekan Anda. Apalagi saat ini sudah ada penyewaan sepeda yang dapat dikendarai di dalam benteng. Jadi Anda bisa keliling benteng sambil menaiki sepeda. Ada sepeda yang bisa dinaiki berdua, adapula bentuk sepeda becak yang bisa dinaiki bertiga. Harga sewa sepeda di dalam benteng ini sangat terjangkau sekali, yakni hanya Rp. 20.000 saja untuk 30 menit. Untuk sepeda yang lebih kecil tentunya akan diberi tarif yang lebih murah.

Benteng ini sangat luas sekali, bila Anda mengunjungi benteng ini untuk kali kedua setelah yang pertama, maka Anda akan terkejut atas beberapa sudut yang Anda lewatkan.

Aktivitas di Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di benteng ini yang pertama adalah melihat diorama yang isinya merupakan miniatur perjuangan pahlawan. Selain itu juga ada meriam, mesin ketik dan beberapa benda kuno lainnya yang merupakan benda bersejarah. Tak hanya itu saja, ada beberapa prasasti yang disimpan di museum ini. Ada 4 diorama yang dapat Anda coba untuk masuki, semuanya memang harus Anda masuki agar tidak penasaran.

Bila Anda beruntung, pada hari tertentu juga akan diadakan pemutaran film secara gratis di bagian atas. Biasanya film yang diputar adalah film yang berlatar kepahlawanan, di akhir pemutaran film biasanya juga akan dibagikan hadiah gratis bagi yang beruntung saja.

Bagian dalam benteng ini juga sangat bagus dan cocok sekali dijadikan sebagai spot foto. Baik bagian atas maupun bawahnya semuanya bagus dijadikan sebagai spot foto. Pada sore hari apalagi, suasana vintage benteng akan berpadu dengan nuansa indah, pada waktu tersebut adalah momen yang sangat pas untuk berfoto. Pada malam tertentu juga diadakan kegiatan dari komunitas untuk menjelajah museum secara beramai-ramai. Kegiatan tersebut dapat diikuti secara gratis dan juga diberikan banyak doorprize di dalamnya, ada pula hiburan berupa tari-tarian yang dapat Anda ikuti. Untuk mengetahui jadwalnya, Anda bisa mengikuti social media instagram benteng vredeburg. Di sana akan dibagikan info seputar benteng dan acara yang akan diselenggarakan di benteng tersebut.

Akses Lokasi Benteng

Jangan ditanya lagi mengenai akses lokasi benteng vredeburg ini, lokasinya sangat mudah sekali ditemukan. Terletak di kawasan ramai jalan malioboro dan titik nol kilometer Yogyakarta. Benteng ini akan dengan sangat mudah Anda temukan, Anda bisa memarkir kendaraan Anda di nol kilometer atau di depan benteng ini.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk benteng sangat murah sekali, hanya dengan Rp. 2000 saja, Anda sudah bisa masuk dan mengelilingi seisi benteng. Anda juga hanya perlu membayar parkir kendaraan sebesar Rp. 2000 saja untuk motor. Kendaraan jenis mobil dan roda empat lainnya mungkin hanya membayar sebesar Rp. 5000 saja. Harga yang sangat terjangkau untuk pengalaman memasuki benteng vredeburg yang luar biasa.