Candi Borobudur: Menelusuri Bukti Sejarah di Yogyakarta Paling Populer

Candi Borobudur – Sebagian besar orang pasti sudah tidak asing lagi mendengar destinasi wisata yang sudah terpopuler di Jogja ini. Pernah menjadi salah satu satu situs 7 Keajaiban Dunia membuat objek wisata ini banyak dikenal oleh wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. Candi Borobudur merupakan sebuah candi yang terdapat di Yogyakarta dan satu-satunya candi yang memiliki ukuran sangat besar di Indonesia. Bagi para pengunjung yang sedang berada di daerah Jogja, kurang lengkap rasanya jika tidak menyempatkan waktu untuk mengunjungi obek wisata ini.

Tidak hanya memiliki bentuk bangunan yang megah, tempat wisata ini juga memiliki cerita sejarah yang sangat banyak. Pada bagian relif-relief yang terdapat pada candi memiliki cerita atau menyiratkan beragam makna atau arti yang tentu akan membuat penasaran para pengunjung yang melihatnya. Perlu Anda ketahui bahwa Candi ini merupakan salah satu Candi Budha yang memiliki luas lahan kurang lebih sekitar 15.130 meter persegi. Selain luas, candi ini juga memiliki tinggi sekitar 35 meter. Dengan tatanan yang begitu apik pada candi semakin menambah kesan indah dan eksotis, sangat menarik sekali bukan? Berikut ini sedikit informasi tentang akses menuju lokasi, harga tiket masuk, dan aktivitas yang bisa dilakukan saat Candi Borobudur.

Akses Menuju Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi ini berlokasi di Kota Magelang yang berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta Gunung Sumbing dan Sindoro. Jika dari pusat Kota Yogyakarta candi ini bejarak sekitar 41km. Karena telah menjadi salah satu objek wisata unggulan di Jogja, maka akses jalan untuk menuju lokasi wisata bisa dikatakan sudah sangat baik. Para pengunjung bisa menggunakan alat transportasi, seperti bus untuk mencapai lokasinya.

Bagi Anda yang memilih menggunakan kendaraan pribadi dari Semarang, Anda bisa mengambil rute atau jalan dari Semarang-Ungaran dan melewati terminal Bawen. Setelah itu, ambil jalur ke kanan menuju jalan ambarawa dan lanjut ke Temanggung, Secang dan terakhir Magelang. Dari situ Anda sudah bisa mengikuti petunjuk arah yang sudah banyak tersedia.

Sedangkan untuk Anda yang memilih menggunakan Bus bisa memulainya dari Terminal Jombor. Dari sini, Anda bisa naik bus jurusan Terminal Borobudur dengan tarif sebesar Rp 18.000 per orang dan setelah itu Anda bisa melanjutkannya dengan berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk di Candi Borobudur

Objek wisata ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 06:00 hingga pukul 5:00 sore. Selain berkunjung ke candi, Anda juga bisa mengunjungi museum Arkeologikal yang berada dalam satu kompleks di situs ini. Untuk harga tiket masuknya, para pengunjung yang berusia diatas 10 tahun harus membayar sebesar Rp 40.000 per orang. Sedangkan untuk usia antara 3-10 tahun maka dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 per orang. Bagi para pengunjung yang datang secara rombongan maka akan mendapat potongan harga menjadi Rp 20.000 per orang. Sangat terjangkau sekali, bukan?

Aktivitas di Candi Borobudur

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di objek wisata ini. Selain berwisata sejarah dengan menikmati dan mengelilingi bangunan candi, para pengunjung juga bisa berkunjung ke museum arkeologikal yang berada satu kompleks dengan situs candi ini. Tidak hanya itu saja setelah puas mengelilingi candi, Anda juga bisa mencoba wisata kuliner khas Joga yang berada di sekitaran tempat wisata.

Bagi para pengunjung yang sudah puas menikmati wisata sejarah dan wisata kuliner, pastikan jug untuk membeli oleh-oleh khas Jogja atau souvenir yang dijual di sekitaran objek wisata ini. Tertarik untuk mengunjunginya? Itulah sedikit informasi terkait dengan Candi Borobudur di Jogja. Semoga bermanfaat.