Keseruan Berwisata di Istana Negara, Gedung Agung Yogyakarta

Istana Negara, Gedung Agung Yogyakarta merupakan salah satu objek wisata terkenal di Yogyakarta. Istana Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan Nama Gedung Agung ini berada di pusat keramaian Kota Jogja, yaitu tepatnya di ujung selatan dari jalan Ahmad Yani atau yang dulu disebut dengan Jalan Malioboro atau jantung dari Kota Jogja. Untuk kawasan istana ini sendiri memiliki luas lahan sekitar 43,585 meter persegi yang terletak di Desa Ngupasan Kecamatan Gondoman, Yogyakarta.

Istana Negara, Gedung Agung Yogyakarta

Istana Negara, Gedung Agung Yogyakarta

Istana Yogyakarta sendiri tersusun atas enam bangunan utama, yaitu Gedung Agung, Wisma Sawojajar, Wisma Negara, Wisma Indrasphrasta, Wisma Saptaprata, dan Wisam Bumiretawu. Karena letaknya yang begitu strategis membuat Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari Kota Jogja sendiri atau dari luar Kota Jogja. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke tempat wisata ini pastikan juga untuk mampir ke objek wisata Candi Prambanan yang letaknya sangat dekat dengan lokasi Istana Yogyakarta. Berikut beberapa informasi tentang Istana Negara, Gedung Agung Yogyakarta mulai dari akses menuju lokasi wisata, harga tiket masuknya hingga aktivitas yang bisa dilakukan disana.

Akses Menuju Istana Negara, Gedung Agung Yogyakarta

Memiliki lokasi yang sangat strategis yaitu di pusat Kota Jogja, membuat akses untuk menuju koleksi bisa dikatakan sangat mudah. Para pengunjung bisa menggunakan alat transportasi apapun untuk menuju lokasi wisata, seperti Bus Kota, Bus Trans Jogja, Taksi, Becak, Andong dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang menggunakan becak dan Andong atau kereta kuda, pastikan lokasi Anda berada tidak jauh dari Istana Yogyakarta ini.

Bagi para pengunjung yang berangkat dari Malioboro bisa lurus ke arah selatan sampai menemui kawasan Nol Kilometer. Istana Yogyakarta ini berada di depan Museum Benteng Vredeburg atau sebelum perempatan Kantor Pos Besar Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk di Istana Negara, Gedung Agung Yogyakarta

Waktu terbaik untuk berkunjung ke objek wisata ini adalah setiap hari sein sampai sabtu pada pukul 09.00 sampai pukul 15.00 WIB khusus hari minggu dan hari libur objek wisata ini tutup atau libur. Untuk harga tiket masuknya, para pengunjung tidak perlu khawatir karena free atau gratis. Para Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Perlu Anda ketahui saat masuk ke tempat wisata ini, para pengunjung harus menggunakan pakaian yang baik atau sopan.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati pada saat berkunjung ke objek wisata ini, yaitu perpustakaan, ruang pertunjukan, ruang pertemuan, tempat parkir yang luas, toilet, dan mushola yang nyaman.

Aktivitas di Istana Negara, Gedung Agung Yogyakarta

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa di lakukan oleh para pengunjung, seperti setiap ruangan atau spot tempat yang ada di dalam Istana Yogyakarta ini. Selain itu para pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam pertunjukan yang di tampilkan oleh pihak pengelola. Namun perlu diketahui pertunjukan tersebut tidak dilakukan setiap hari, hanya diselenggarakan pada moment-moment tertentu. Bagi Anda yang memiliki hobi membaca, di sini juga sudah disediakan perpustakaan yang memiliki koleksi cukup lengkap. Jadi pastikan untuk mengunjunginya saat berada disana.

Itu tadi beberapa informasi tentang objek wisata Istana Negara, Gedung Agung Yogyakarta. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda dalam mencari referensi tempat liburan yang menyenangkan bersama keluarga tercinta.