Menjelajah Situs Pubakala Candi Ratu Boko di Yogyakarta

Candi Ratu Boko di Yogyakarta, bisa menjadi salah satu destinasi pilihan untuk berwisata saat berada di kota Yogyakarta. Lokasinya tepat berada di Desa Bokoharjo, Sleman. Jarak Candi ke pusat kota Yogyakarta adalah sekitar 18 kilometer. Posisi Candi sendiri ada di dataran tinggi sehingga ia punya daya tarik tersendiri. Salah satu daya tarik terbesarnya adalah pemandangan yang begitu eksotis dari ketinggian. Nampak sangat alami dan punya ciri khas tersendiri. Di puncak ini, para pengunjung bisa melihat candi Kalasan dan juga Candi Prambanan. Latar pemandangan yang menghiasinya adalah pesona hamparan sawah dan gunung merapi. Jika dilihat dari segi bentuk, candi ini sebenarnya lebih mirip dengan kraton ataupun istana dibandingkan dengan candi. Hal ini dikarenakan fungsinya yang dahulunya tidak hanya sebagai tempat ibadah melainkan juga sebagai benteng pertahanan.

Pada bagian tengah candi, pengunjung bisa melihat bangunan berupa gapur utama, candi pembakaran, lapangan, batu berumpak, kolam dan juga paseban. Sementara untuk bagian tenggara meliputi balai-balai, pendopo, kolam dan 3 candi serta komplek keputren. Ada juga Stupa Budha, kolam di bagian timur dan kompleks gua. Untuk bagian baratnya, pengunjung bisa menemukan perbukitan yang begitu menawan untuk bisa disaksikan.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Akses Menuju Candi Ratu Boko

Agar bisa sampai ke Candi Ratu Boko ini, pengunjung bisa mengakses beberapa rute dan jenis transportasi yang berbeda. Untuk yang pertama, dari bandara silakan menaiki bus Transjogja dan kemudian tururn di terminal prambanan. Pilihan selanjutnya, dari terminal Giwangan naikilah bus jalur Jogja menuju Solo dan turun di termninal Prambanan. Pilihan selanjutnya dari terminal Jombor naik jurusan Jogja menuju Prambanan dan turunlah di terminal Prambanan. Jika memulai dari stasiun Tugu, maka silakan menaiki Parameks dan turun di bandara dilanjutkan dengan menaiki bus Transjogja dan turun di terminal Prambanan. Sedangkan untuk alternatif lainnya, pengunjung bisa memberli tiket terusan untuk menuju Candi Prambanan, Istana Ratu Boko. Selanjutnya akan diantar oleh mobil khsus yang sudah tersedia menuju Candi.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Adapun harga tiket masuk  Candi Ratu Boko dibedakan berdasarkan umur. Untuk kategori umum, umur diatas 6 tahun dikenakan biaya sebesar dua puluh lima ribu rupiah. Sedangkan untuk anak-anak dibawah umur 6 tahun dikenakan biaya sebesar sepuluh ribu rupiah. Demikian halnya untuk yang sifatnya rombongan baik mahasiswa ataupun pelajar dikenakan biaya sebesar sepuluh ribu rupiah.

Fasilitas Candi Ratu Boko

Adapun fasilitas yang tersedia di candi ini adaah:

  • Pertama ada mobul yang siap untuk mengantar jemput. Rute yang akan ditempuh adalah dari Candi Ratu Boko menuju Candi Prambanan dan juga sebaliknya.
  • Kedua, ada tempat penginapan yang telah tersedia.
  • Ketiga ada tempat parkir
  • Keempat ada MCK
  • Kelima ada rumah makan
  • Keenam ada bumper (bumi perkemahan) yang diperuntukkan bagi anak sekolah.

Aktifitas di Candi Ratu Boko

Terkait aktifitas yang bisa dilakukan di Candi Boko ini, pengunjung bisa melihat bagian tengah candi yakni berupa gapur utama, candi pembakaran, lapangan, batu berumpak, kolam dan juga paseban. di bagian tenggara pengunjung bisa melihat balai-balai, pendopo, kolam dan 3 candi serta komplek keputren. Selain itu, pengunjung masih bisa melihat adanya Stupa Budha, kolam di bagian timur dan kompleks gua. Untuk bagian baratnya, pengunjung bisa menemukan perbukitan yang begitu menawan untuk bisa disaksikan. Di samping itu, tentu saja para pengunjung tidak boleh melewatkan kesempatan berfoto di lokasi Candi Ratu Boko yang indah ini untuk bisa dijadikan kenang-kenangan.

Demikianlah informasi mengenai Candi Ratu Boko mulai dari akses menuju lokasi, harga tiket masuk fasilitas hingga aktivitas yang dilakukan di dalamnya. Dengan demikian, bersiaplah untuk liburan ke situs yang bersejarah ini.