Menjelajahi Pesona “Seribu Candi” di Candi Prambanan Yogyakarta

Candi Prambanan – Pernah mendengar tentang kisah “Roro Jonggrang” yang sudah sangat terkenal itu? Bagi Anda yang sudah tahu tentang kisahnya pasti sudah tidak asing lagi dengan cerita Seribu Candi yang sangat terkenal di Jogja. Jika membicarakan tentang Candi Prambanan, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan tentang kisah Roro Jonggrang. Legenda tentang Roro Jonggrang sendiri sangat terkenal di kalangan masyarakat khususnya masyarakat Jogja sebagai asal usul dari candi ini.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan wisata sejarah, salah satu wisata sejarah yang paling terkenal adalah wisata candi yang sudah banyak diakui sebagai situs warisan dunia. Selain Candi Borobudur yang berada di Kota Magelang, Candi Prambanan ternyata juga dijadikan sebagai warisan budaya dunia sejak tahun 1991. Candi ini memiliki bentuk bangunan yang sangat megah dan Indah jika dilihat dari luar. Nah, Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan di tempat wisata ini, pastikan untuk melihat relief-relif yang terdapat pada sisi dinding candi yang membentuk suatu cerita tentang asal usul dari objek wisata Candi Prambanan.

Tertarik untuk kesana? Simak beberapa informasi terkait dengan akses menuju lokasi, harga tiket masuknya, dan aktivitas yang bisa dilakukan pada saat di tempat wisata.

Akses Menuju Candi Prambanan

Berlokasi di Desa Tlogo Kecamatan Klaten Jawa Tengah, cara menuju objek wisata ini terbilang cukup mudah. Anda tidak perlu khawatir, karena objek wisata ini bisa dilalui dengan kendaraan pribadi maupun umum. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi wisata bisa menggunakan rute Malioboro menuju Jalan Solo melewati gapura perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan lanjut ke arah Jawa Tengah. Kemudian lanjutkan perjalanan hingga melewati pertigaan lampu merah pertama. Setelah melewati pertigaan tersebut Anda sudah bisa melihat kompleks dari Candi Roro Jonggrang ini.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Sedangkan bagi Anda yang memilih menggunakan kendaraan umum dari Jogja menuju lokasi wisata, Anda bisa naik Bus Trans Jogja pada koridor 1A. Bus ini akan mengantarkan Anda langsung di depan Kompleks dari wisata Candi ini. Untuk biayanya Anda harus membayar sebesar Rp 3.500 per orang.

Harga Tiket Masuk di Candi Prambanan

Perlu Anda ketahui, objek wisata Candi Roro Jonggrang ini buka setiap hari pada pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Namun tempat wisata ini di tutup setiap peringatan Hari Raya Nyepi karena biasanya di lokasi candi digunakan sebagai tempat sembahyang umat Hindu yang terdapat di Jawa Tengah dan sekitarnya. Harga tiket masuk ke lokasi ini terbilang masih sangat terjangkau, para pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 40.000 per orang (Dewasa) dan Rp 20.000,- per orang (Anak-anak). Sedangkan untuk harga tiket masuk turis asing, yaitu sebesar Rp USD18 (Dewasa) dana USD8 (anak-anak).

Aktivitas di Candi Prambanan

Selain mengunjungi setiap bagian yang terdapat di bangunan candi, Anda juga bisa Hunting Foto pada spot-spot yang tersedia di dalam kompleks candi dan berburu souvenir atau oleh-oleh khas Jogja yang dijual di sekitaran objek wisata. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati pagelaran Sendratari Ramayana yang disediakan oleh pihak pengelola. Perlu Anda ketahui pagelaran Ramayana ini digelar setiap hari selasa, kamis, dan sabtu mulai pukul pukul 19.30 sampai 21.30 WIB. Anda bisa memilih menyaksikan di panggung terbuka atau tertutup yang kesemuanya harus membayar tiket masuk mulai dari Rp 125.000 per orang.

Itu tadi beberapa informasi terkait dengan objek wisata Candi Prambanan yang terdapat di Jogja. Semoga informasi diatas bermanfaat.